Senin, 01 Oktober 2012

Penyebab Lutut Anda Nyeri

Apa penyebab lutut nyeri? Bukannya jadi fresh, untuk pria yang sebut saja mardiyanto, bangun tidur merupakan prahara. maklum, lutut pria berumur 60 th. itu merasa kaku serta nyeri sesudah tidur sepanjang 2-3 jam. nyeri itu juga timbul waktu ia meniti jarak yang cukup jauh dengan jalan kaki. untuk menyiasati deritanya, ia kerap menggunakan obat rematik serta teratur minum vit. tulang. tetapi, makin lama rasa ngilu tersebut tidak dapat ditanggulangi dengan langkah layaknya itu. diagnosis dokter mengatakan adanya rusaknya sendi pada lututnya itu dengan kata lain osteoarthritis. selanjutnya mardiyanto memperoleh tindakan operasi keseluruhan joint replacement. operasi itu dikerjakan buat ganti permukaan sendinya yang rusak, yakni dengan menanamkan bahan metal artifisial untuk menopang lutut barunya. mardiyanto lakukan 2 x operasi di lutut kanan serta kirinya. di antaranya di tempat tinggal sakit internasional bintaro. di rs bintaro, dia lakukan operasi lutut kiri serta rehabilitasi, tutur spesialis kedokteran fisik serta rehabilitasi rs internasional bintaro, dr jony sieman spkfr, seusai diskusi tentang penyakit osteoarthritis, kamis malam lantas. jony menjelaskan, rehabilitasi mardiyanto sudah jalan tiga pekan. nyerinya memanglah telah berkurang, tetapi langkah berjalannya belum prima benar. 

Osteoarthritis memanglah tidak sepopuler osteoporosis ( pengeroposan tulang ). penyakit ini adalah proses penipisan tulang rawan sendi, serta terhitung grup penyakit degeneratif yang banyak terkena orang lansia. sendi terdiri atas rawan sendi serta selaput sinovial, dan di luarnya ada ligamen, yang melindungi stabilitas, serta otot, yang bikin sendi bisa bergerak prima. menurut spesialis ortopedi rs internasional bintaro, dr andito wibisono, spot, untuk tahu tulang rawan sendi amat gampang. bila masih makan daging ayam, dapat tampak bagian ujung tulang yang mengkilat, begitulah kurang lebih wujud tulang rawan, paparnya didalam peluang yang sama. badan kesehatan dunia ( who ) menyebutkan 40 % dari masyarakat berumur diatas 70 th. didunia menderita osteoarthritis lutut. apalagi sejumlah 80 % pasien alami keterbatasan gerak. tidak mengherankan seandainya penyakit ini dinobatkan untuk jadikan penyakit nomor dua yang mengganggu kegiatan seseorang sesudah jantung. sayangnya, di indonesia tak ada angka tentu berapakah jumlah pasien osteoarthritis, kata andito. ada dua jenis jenis osteoarthritis. pertama osteoarthritis primer, yang terjadi pada mereka yang berumur diatas 45 th.. pemicunya merupakan proses penuaan alami, layaknya pada masalah mardiyanto. osteoarthritis type ini menyerang dengan perlahan namun progresif, serta bisa tentang kian lebih satu persendian. umumnya menyerang sendi yang menanggung berat badan, layaknya lutut, panggul, punggung, leher, serta jari-jari. pemicu osteoarthritis primer terkait jamant dengan factor umur. dianalogikan andito, tulang itu layaknya ban mobil. dapat gundul seandainya makin tua, tuturnya. dengan medis, pada umur 60 th. orang akan alami penggugusan tulang rawan. dikarenakan itu, osteoarthritis tidak terjadi dibawah umur 30 th.. dokter ramah ini menghimpitkan bahwa umur memanglah jadi pemicu osteoarthritis, tetapi apa yang memicunya belum diketahui dengan tentu. 

Lantas jenis ke-2, osteoarthritis sekunder. terjadi pada seluruh usia, serta umum dikarenakan oleh trauma yang mengakibatkan luka pada sendi. contohnya patah tulang atau permukaan sendi yang tidak sejajar, yang menyebabkan wujud sendi jadi bengkok, layaknya pada kaki berupa o serta x. pemicu yang lain merupakan factor genetik, penyakit metabolis, serta infeksi sendi. menurut andito, perjalanan penyakit ini terdiri atas empat stadium. pada stadium awal, layaknya satu serta dua, pengobatannya dikerjakan dengan pencegahan melewati program penurunan berat badan, layaknya olahraga yang sesuai dengan keadaan osteoarthritis-nya. lantas dapat juga dengan pemberian obat-obatan, suntikan sendi, serta fisioterapi. di antara suplemen makanan yang dipakai untuk terapi penyakit ini merupakan glucosamine serta chondroitin sulfat. lantas apabila osteoarthritis telah masuk stadium berat ( stadium iv ), tidak dapat lagi diatasi dengan obat atau vit. tulang. pasalnya, beberapa sel permukaan rawan sendi telah habis. tindakan yang perlu dikerjakan merupakan arthroplasty atau joint replacement--mengganti permukaan rawan sendi yang rusak dengan permukaan sendi artifisial. menurut jony, untuk osteoarthritis tingkat lanjut, hip and knee joint replacement adalah tindakan yang sering dikerjakan. cost totalnya berkisar beberapa ratus juta, dokter berkacamata itu memaparkan. sesudah operasi, pasien dapat direhabilitasi. tujuan utamanya merupakan supaya pasien mempunyai tingkat kemandirian yang maksimal serta memperoleh kembali manfaat persendian, bebas nyeri, serta mutu hidup tambah baik. sembuh keseluruhan itu dapat sampai 6 minggu, jony memberikan. l 

Enam tanda-tanda itu 
1. waktu melakukan aktivitas, sendi merasa nyeri serta kaku. 
2. pada stadium lanjut, nyeri terjadi selama waktu. 
3. kekakuan sendi lebih merasa sesudah bangun tidur pada pagi hari. 
4. bila sendi lutut diserang, dapat merasa nyeri waktu naik tangga atau jalur mendaki. 
5. bila sendi panggul yang terserang, orang itu dapat rasakan nyeri saat masuk serta ke luar mobil atau waktu kenakan kaus kaki. 
6. immobilisasi dikarenakan osteoarthritis mengakibatkan tingkat kesehatan menurun, gampang capek, mengantuk, kurang konsentrasi, masalah jantung, kapasitas fungsional paru berkurang, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar