Minggu, 09 September 2012

Mengenai: Cara Mencegah Diabetes


Walau tidak bisa disembuhkan, penyakit diabetes melitus jenis 2 bisa dicegah dengan gampang. penyakit ini dikarenakan oleh pola hidup yang kurang sehat. jadi dari itu, mengaplikasikan pola hidup sehat bakal dapat meminimalkan risiko terjangkitnya diabetes.

Dengan global, kasus diabetes terus alami kenaikan, terlebih di negara berkembang. di indonesia sendiri, data dari who th. 1985 mengatakan sejumlah 1, 7% penduduk indonesia alami diabetes. tetapi pada th. 2007, hasil riset kesehatan basic ( riskesdas ) tunjukkan jumlahnya alami kenaikan jadi 5, 7% atau lebih kurang 12 juta penduduk.

“diabetes bisa dicegah dengan mengaplikasikan gaya hidup sehat karena pada prinsipnya bisa dicegah. olahraga yang teratur dan kurangi makan-makanan berkalori tinggi akan menolong menangkis diabetes, ” kata prof sarwono waspadji dari divisi metabolik-endokrin, departemen pengetahuan penyakit didalam fkui saat dihubungi detikhealth, rabu ( 29/8/2012 ).

Masih banyak langkah untuk menghindar atau meminimalisir risiko diabetes. beragam cara itu diantaranya ;

1. olahraga teratur
olahraga dengan teratur bisa membantu menambah kepekaan tubuh terhadap insulin hingga menolong melindungi kandungan gula darah didalam kisaran normal. dengan olahraga, tubuh memakai insulin lebih efisien sampai 70 jam setelahnya.

berolahraga 3-4 kali seminggu sepanjang 20 – 40 menit akan amat berguna mencegah diabetes. tak hanya itu, olahraga layaknya aerobik dan fitness juga bisa menjaga berat badan terus ideal.

2. melindungi berat badan supaya terus ideal
sebagian besar penderita diabetes alami kelebihan berat badan atau obesitas. kelebihan berat badan dan lemak tubuh nyatanya bisa meningkatkan risiko terkena diabetes.

3. jangan sempat makan berlebih ( overnutrisi )
nutrisi yang berlebihan adalah faktor risiko utama yang bisa menyebabkan diabetes. makin beberapa kelebihan nutrisi, makin besar kemungkinan diserang diabetes. seimbangkan konsumsi makanan memperbanyak makan buah dan sayuran.

4. jauhi stres
saat stres, tubuh akan mengeluarkan hormon stres kortisol. hormon ini menambah detak jantung dan mengirim glukosa ke didalam darah untuk diubah jadi daya untuk otot. yang sangat perlu, stres akan bikin orang menjadi makan beberapa. ujung-ujungnya, bisa menyebabkan kegemukan yang berisiko diabetes.

5. cukup istirahat dan tidur
istirahat dan tidur yang cukup pada prinsipnya adalah mekanisme untuk mendetoksifikasi tubuh. tak hanya itu, istirahat yang cukup juga ampuh meredakan stres.

6. jauhi polusi
polusi hawa beberapa mengandung radikal bebas yang beresiko untuk tubuh. adanya radikal bebas ini bisa memperburuk manfaat sel, dan menyebabkan diabetes dan kerusakan pembuluh darah. sesuatu penelitian mendapatkan bahwa polusi bisa memicu resistensi insulin dan menambah kandungan lemak di perut dan organ internal.

7. kerjakan kontrol kesehatan
usia muda lebih kurang 25 th. umumnya adalah masa-masa mulai berkembangnya diabetes atau prediabetes. oleh lantaran itu, kandungan gula darah butuh di check 1 bulan sekali, terlebih untuk orang-orang yang berisiko dan mempunyai kisah keluarga pengidap diabetes.

Sumber: Cara mencegah diabetes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar