Minggu, 09 September 2012

Serangan jantung


Jantung yaitu organ berbentuk otot, berupa kerucut, berongga dan dengan basisnya diatas dan puncaknya dibawah. apex-nya ( puncak ) miring ke sebelah kiri. berat jantung kurang lebih 300 gram. rujukan ? supaya jantung berperan jadi pemompa yang efisien, otot-otot jantung, rongga atas dan rongga bawah mesti berkontraksi dengan bergantian. laju denyut-denyut jantung atau kerja pompa ini dikendalikan dengan alami oleh satu pengatur irama. ini terdiri dari sekelompok dengan spesial, disebut nodus sinotrialis, yang terletak didalam dinding serambi kanan. sesuatu impuls listrik yang ditransmisikan dari nodus sinotrialis ke ke-2 serambi bikin keduanya berkontraksi dengan serentak.

Arus listrik ini berikut diteruskan ke dinding-dinding bilik, yang pada gilirannya bikin bilik-bilik berkontraksi dengan serentak. periode kontraksi ini disebut systole. berikut periode ini diikuti dengan sesuatu periode relaksasi pendek - kurang lebih 0, 4 detik - yang disebut diastole, sebelum saat impuls selanjutnya datang. nodus sinotrialus membuahkan pada 60 sampai 72 impuls layaknya ini tiap-tiap menit saat jantung masih santai. produksi impuls-impuls ini juga dikendalikan oleh satu bagian sistem syaraf yang disebut sistem syaraf otonom, yang bekerja diluar keinginan kita. sistem listrik built-in inilah yang membuahkan kontraksi-kontraksi otot jantung beirama yang disebut denyut jantung.

Serangan jantung yaitu satu keadaan saat kerusakan dialami oleh bagian otot jantung ( myocardium ) disebabkan mendadak amat berkurangnya pasokan darah ke bagian otot jantung. berkurangnya pasokan darah ke jantung dengan tiba-tiba dapat terjadi saat di antara nadi koroner terblokade sepanjang lebih dari satu waktu, tak tahu disebabkan spasme - mengencangnya nadi koroner - atau disebabkan penggumpalan darah - thrombus. bagian otot jantung yang umumnya dipasok oleh nadi yang terblokade berhenti berperan dengan baik selekasnya sesudah splasme reda dengan sendirinya, gejala-gejala hilang dengan menyeluruh dan otot jantung berperan dengan benar-benar normal lagi. ini kerap disebut crescendo angina atau coronary insufficiency. sebaliknya, seandainya pasokan darah ke jantung terhenti sekalipun, sel-sel yang berkaitan alami perubahan yang permanen cuma didalam lebih dari satu jam saja dan bagian otot jantung termaksud alami penurunan mutu atau rusak dengan permanen. otot yang mati ini disebut infark.
Baca selengkapnya penyebab penyakit jantung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar