Jumat, 21 September 2012

Sejarah perkembangan komputer

Histori perubahan computer sebelum saat th. 1940 sejak dahulu saat, proses pengolahan data sudah dikerjakan oleh manusia. manusia juga mendapatkan alat-alat mekanik serta elektronik buat menolong manusia didalam penghitungan serta pengolahan data agar bisa memperoleh hasil lebih cepat. computer yang kita jumpai sekarang ini yaitu satu evolusi panjang dari penemuan penemuan manusia sejak dahulu saat berbentuk alat mekanik mahupun elektronik. 

sekarang ini, computer serta peranti pendukungnya sudah masuk didalam tiap-tiap aspek kehidupan serta pekerjaan yang kian lebih sebatas perhitungan matematik biasa. diantaranya yaitu sistem computer di pasar raya yang dapat membaca kod barang belanjaan, pusat telefon yang mengatasi jutaan panggilan serta komunikasi, dan jaringan computer serta internet yang menghubungkan beragam area didunia. computer ada 4 golongan yakni : 
1. peralatan manual : iaitu peralatan pengolahan data yang amat simpel, serta faktor terutama didalam penggunaan alat yaitu menggunakan tenaga tangan manusia 
2. peralatan mekanik : iaitu peralatan yang telah berupa mekanik yang digerakkan dengan tangan dengan manual 
3. peralatan mekanik elektronik : peralatan mekanik yang digerakkan oleh dengan otomatis oleh motor elektronik 
4. peralatan elektronik : peralatan yang bekerjanya dengan elektronik penuh lebih dari satu peralatan yang sudah dipakai untuk jadikan alat hitung sebelum saat ditemukannya computer : 

1. abacus 
nampak lebih kurang 5000 th. yang lantas di asia kecil serta masih dipakai di lebih dari satu area sampai sekarang ini, bisa dikira untuk jadikan awal mula mesin komputasi. alat ini sangat mungkin penggunanya buat lakukan perhitungan memakai biji bijian geser yang diatur pada sebuh rak. beberapa pedagang di waktu itu memakai abacus buat mengkalkulasi transaksi perdagangan. bersamaan dengan timbulnya pensil serta kertas, terlebih di eropa, abacus kehilangan popularitasnya. 

2. kalkulator roda numerik ( numerical wheel calculator ) 
sesudah nyaris 12 abad, nampak penemuan lain didalam perihal mesin komputasi. pada th. 1642, blaise pascal ( 1623-1662 ), yang pada saat itu berusia 18 th., mendapatkan apa yang ia sebut untuk jadikan kalkulator roda numerik ( numerical wheel calculator ) buat menolong ayahnya lakukan perhitungan pajak. 

kotak persegi kuningan ini yang diberi nama pascaline, memakai delapan roda putar bergerigi buat menjumlahkan bilangan sampai delapan digit. alat ini adalah alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. kelemahan alat ini yaitu cuma terbataas buat lakukan penjumlahan. 

3. kalkulator roda numerik 2 th. 1694, seorang matematikawan serta filsuf jerman, gottfred wilhem von leibniz ( 1646-1716 ) melakukan perbaikan pascaline membuat mesin yang bisa mengalikan. sama layaknya pendahulunya, alat mekanik ini bekerja gunakan roda-roda gerigi. mempelajari catatan serta gambar-gambar yang dibikin oleh pascal, leibniz bisa menyempurnakan alatnya. 

4. kalkulator mekanik charles xavier thomas de colmar mendapatkan mesin yang bisa lakukan empat manfaat aritmatik basic. kalkulator mekanik colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis didalam kalkulasi lantaran alat tersebut bisa lakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, serta pembagian. dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan sampai waktu perang dunia i. berbarengan dengan pascal serta leibniz, colmar menolong membangun era komputasi mekanikal. awal mula computer yang sesungguhnya dibentuk oleh seorang profesor matematika inggris, charles babbage ( 1791-1871 ). th. 1812, babbage mencermati kesesuaian alam pada mesin mekanik serta matematika :mesin mekanik amat baik saat mengerjakan tugas yang sama berkali-kali tanpa kekeliruan ; masih matematika memerlukan repetisi simpel dari satu beberapa langkah spesifik. problem tersebut kemudain berkembang sampai meletakkan mesin mekanik untuk jadikan alat buat menjawab keperluan mekanik. usaha babbage yang pertama buat menjawab problem ini nampak pada th. 1822 saat ia mengusulkan satu mesin buat lakukan perhitungan persamaan differensil. mesin tersebut diberi nama mesin differensial. gunakan tenaga uap, mesin tersebut bisa menaruh program serta bisa lakukan kalkulasi dan mencetak akhirnya dengan otomatis. 

sesudah bekerja dengan mesin differensial sepanjang sepuluh th., babbage tibatiba terinspirasi buat mengawali bikin computer general-purpose yang pertama, yang disebut analytical engine. asisten babbage, augusta ada king ( 1815-1842 ) mempunyai peran perlu didalam pembuatan mesin ini. ia menolong membuat revisi gagasan, melacak pendanaan dari pemerintah inggris, serta mengkomunikasikan spesifikasi anlytical engine pada publik. tak hanya itu, pemahaman augusta yang baik perihal mesin ini memungkinkannya bikin instruksi buat dimasukkan ke dlam mesin serta juga membuatnya jadi programmer wanita yang pertama. pada th. 1980, departemen pertahanan amerika serikat menamakan sesuatu ulasa pemrograman dengan nama ada untuk jadikan penghormatan kepadanya. 

pada 1889, herman hollerith ( 1860-1929 ) juga mengaplikasikan prinsip kartu perforasi buat lakukan penghitungan. tugas pertamanya yaitu menemukan langkah yang lebih cepat buat lakukan perhitungan untuk biro sensus amerika serikat. sensus pada mulanya yang dikerjakan di th. 1880 memerlukan waktu tujuh th. buat merampungkan perhitungan. dengan berkembangnya populasi, biro tersebut memperkirakan bahwa diperlukan waktu sepuluh th. buat merampungkan perhitungan sensus. 

pada saat selanjutnya, lebih dari satu insinyur bikin p enemuan baru yang lain. vannevar bush ( 1890-1974 ) bikin sesuatu kalkulator buat merampungkan persamaan differensial di th. 1931. mesin tersebut bisa merampungkan persamaan differensial kompleks yang sepanjang ini dikira rumit oleh kelompok umur akademisi. mesin tersebut amat besar serta berat lantaran beberapa ratus gerigi serta poros yang diperlukan buat lakukan perhitungan. pada th. 1903, john v. atanasoff serta clifford berry coba bikin computer elektrik yang mengaplikasikan aljabar boolean pada sirkuit elektrik. pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja george boole ( 1815-1864 ) berbentuk sistem biner aljabar, yang menyebutkan bahwa tiap-tiap persamaan matematik bisa dinyatakan untuk jadikan benar atau salah. aplikasikan keadaan benar-salah ke didalam sirkuit listrik didalam wujud terhubung-terputus, atanasoff serta berry bikin computer elektrik pertama di th. 1940. tetapi proyek mereka terhenti lantaran kehilangan sumber pendanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar