Jumat, 21 September 2012

Sejarah Bahasa Indonesia


Ulasa indonesia memiliki histori tambah lebih panjang dari pada republik ini sendiri. ulasa indonesia sudah dinyatakan untuk jadikan ulasa nasional sejak th. 1928, jauh sebelum saat indonesia merdeka. waktu itu ulasa indonesia dinyatakan untuk jadikan ulasa persatuan serta memakai ulasa indonesia untuk jadikan perekat bangsa. waktu itu ulasa indonesia jadi ulasa pergaulan antaretnis ( lingua franca ) yang dapat merekatkan suku-suku di indonesia. didalam perdagangan serta penyebaran agama lalu ulasa indonesia memiliki posisi yang perlu. 

Deklarasi sumpah pemuda bikin motivasi memakai ulasa indonesia makin menggelora. ulasa indonesia disarankan buat digunakan untuk jadikan ulasa didalam pergaulan, juga ulasa sastra serta media cetak. motivasi nasionalisme yang tinggi bikin perubahan ulasa indonesia amat cepat lantaran seluruh orang pingin tunjukkan jati dirinya untuk jadikan bangsa. 

Pada th. 1930-an nampak polemik apakah dapat ulasa indonesia yang cuma digunakan untuk jadikan ulasa pergaulan bisa jadi ulasa di beragam bidang pengetahuan. selanjutnya pada th. 1938 berlangsung kongres ulasa indonesia yang pertama di solo. didalam pertemuan tersebut, motivasi anti belanda amat kental hingga melahirkan beragam istilah ilmu dan pengetahuan didalam ulasa indonesia. istilah belah ketupat, jajaran genjang, adalah istilah didalam bidang geometri yang lahir dari pertemuan tersebut. 

Saat penjajah jepang mulai masuk ke indonesia, mereka makin mendorong pemakaian ulasa indonesia. pada th. 1953, poerwodarminta mengeluarkan kamus ulasa indonesia yang pertama. di situ tercatat jumlah lema ( kata ) didalam ulasa indonesia meraih 23. 000. pada th. 1976, pusat ulasa menerbitkan kamus ulasa indonesia, serta ada 1. 000 kata baru. artinya, kurun waktu 23 th. cuma ada 1. 000 menambahkan kata baru. namun pada th. 1988, terjadi loncatan yang luar dapat. dari 24. 000 kata, sudah berkembang jadi 62. 000. tak hanya itu, sesudah bekerja bersama dengan dewan ulasa serta pustaka brunei, sukses dibikin 340. 000 istilah di beragam bidang pengetahuan. terlebih sampai hari ini, pusat ulasa sukses menambah 250. 000 kata baru. karena, telah ada 590. 000 kata di beragam bidang pengetahuan. sesaat kata umum sudah berjumlah 78. 000.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar