Minggu, 09 September 2012

Sistem Peredaran Darah pada Manusia


Sistem Peredaran Darah Manusia - proses pernafasan membuahkan oksigen, namun proses pencernaan makanan membuahkan sari-sari makanan. oksigen dan sari-sari makanan butuh diedarkan ke semua tubuh lewat sistem peredaran darah.

alat peredaran darah manusia
darah yaitu bagian tubuh manusia yang berperan buat mengedarkan oksigen dan sari-sari makanan ke semua tubuh. organ tubuh manusia yang berperan buat mengedarkan darah ke semua tubuh terdiri atas :

gb. 1 organ peredaran darah manusia


1. jantung
jantung yaitu organ tubuh yang berperan buat memompa darah ke semua tubuh. jantung manusia terletak didalam rongga dada sebelah kiri. ukuran jantung orang dewasa kurang lebih sebesar kepalan tangan. jantung memompa darah dengan langkah berkontraksi dan berelaksasi dengan bergantian hingga jantung berdenyut, mengembang dan mengempis.

gb. 2 jantung manusia

pada keadaan normal, jantung orang dewasa berdenyut 70 kali didalam satu menit. kecepatan denyut jantung di pengaruhi oleh usia, type kelamin, tingkat kegiatan, dan keadaan kesehatan. alat yang dipakai buat mengukur kecepatan denyut jantung yaitu elektrokardiograf
jantung manusia terdiri atas empat area, yakni serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri dan bilik kanan. masing-masing bagian dikaitkan dengan sekat yang disebut katup jantung


2. pembuluh darah

gb. 3 pembuluh darah didalam tubuh manusia

pembuluh darah adalah saluran area mengalirnya darah dari jantung ke seuruh tubuh, juga dari semua tubuh kembali ke jantung. menurut arah aliran darahnya, pembuluh darah dibedakan jadi dua, yakni pembuluh nadi( arteri ) dan pembuluh balik ( vena ). pembuluh nadi( arteri ) membawa darah dari jantung ke semua tubuh. pembuluh balik ( vena ) membawa darah dari semua tubuh kembali ke jantung,

pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang. pembuluh nadi yang terbesar disebut aorta. cabang pembuluh yang terkecil disebut pembuluh kapiler. pembuluh kapiler amat halus dan berdinding tidak tebal dan berpori. didalam pembuluh kapiler inilah terjadi pertukaran pada oksigen dan karbondioksida.

3. paru-paru
didalam proses peredaran darah, paru-paru bertindak untuk mensuplai oksigen ke didalam darah.
darah yang sudah diedarkan ke semua tubuh, tak akan mengandung oksigen, namun justru beberapa mengandung karbondioksida, sesudah kembali ke jantung, darah yang sudah kotor tersebut dipompa ke didalam paru-paru untuk lantas karbondioksida di ambil dan diganti dengan oksigen lewat proses pernafasan.


peredaran darah manusia
didalam peredaran darah manusia, darah senantiasa mengalir didalam pembuluh darah, sebab itu disebut jadi peredaran darah tertutup. menurut aliran darahnya, peredaran darah manusia dibedakan jadi dua, yakni peredaran darah besar dan peredaran darah kecil.

1. peredaran darah kecil, dimana peredaran darah berlangsung dari jantung menuju paru-paru, lantas kembali lagi kejantung. darah yang menuju paru-paru mengandung karbon dioksida, namun darah yang kembali ke jantung mengandung beberapa oksigen.
2. peredaran darah besar, dimana peredaran darahberlangsung dari jantung menuju ke semua tubuh dan kembali lagi ke jantung.



dengan mencermati proses peredaran darah, bisa disimpulkan bahwa kerja bilik jantung lebih berat dari pada bagian serambi jantung, oleh lantaran itu, dinding jantung di bagian bilik lebih tidak tipis dari pada bagian serambi lantaran kerja bilik lebih berat yakni memompa darah ke semua tubuh.
masalah pada organ peredaran darah manusia
masalah pada organ peredaran darah manusia dapat terjadi lantaran keturunan, kelainan bawaan ( kelainan sejak lahir ), ataupun pola hidup dan makanan yang tidak sehat, contohnya sangat beberapa mengonsumsi makanan yang berlemak dan berkolesterol tinggi, rutinitas merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. masalah pada organ peredaran darah manusia salah satunya :

1. anemia
masalah ini berbentuk rendahnya kandungan hb ( hemoglobin ) didalam darah. ciri-ciri penderitanya yaitu gampang capek dan kerap jadi pusing, pucat, mata berkunang-kunang. anemia bisa disebabkan oleh luka yang mengeluarkan beberapa darah, kekurangan zat besi, atau adanya penyakit layaknya kanker tulang.

2. hipertensi ( tekanan darah tinggi )
hipertensi diperlihatkan dengan tingginya tekanan darah, umumnya penderita hipertensi kerap jadi pusing, jantung berdebar-debar, sesak napas bila sangat capek, pundak dan leher merasa kaku, gampang capek, dan gampang marah. penyakit ini bisa disebabkan faktor keturunan dan rutinitas makan makanan yang berlemak dan kolesterol tinggi, rutinitas merokok dan minim minuman keras, alami stres, usia dan lain-lain.
besar kecilnya tekanan darah seseorang bisa diukur memakai tensimeter.
buat mengatasi penyakit hipertensi usaha-usaha yang bisa dilakukan salah satunya :a. diet rendah garam, kolesterol, dan lemak jemu. b. behenti merokok dan alkoholc. latihan fisik/olah raga dengan teraturd. hindari stress

3. hipotensi ( tekanan darah rendah )
hipotensi ( tekanan darah rendah ) dapat terjadi lantaran menderita penyakit contohnya diare, masalah pada jantung, infeksi, dehidrasi, masih hamil, kehilangan beberapa darah, kekurangan nutrisi, dan lain-lain.

gejala hipotensi salah satunya adalah tiba-tiba jadi pusing atau jadi terjatuh dan pingsan. atau yang sangat umum terjadi adalah jadi pusing saat mengubah posisi dari posisi tidur ke posisi duduk atau berdiri.

4. kanker darah ( leukemia )
penyakit ini dikarenakan sel-sel darah putih yang memperbanyak diri tanpa teratasi yang menyebabkan sel darah putih ini mengonsumsi sel darah merah. kelainan ini bisa disebabkan lantaran zat-zat karsinogenik ( zat yang menyebabkan munculnya kanker )

5. hemofilia
masalah ini dikarenakan adanya kelainan yang mengakibatkan darah sukar membeku bila terjadi luka. penyakit ini adalah penyakit keturunan.

6. varises
varises adalah pelebaran pembuluh balik ( vena ) yang biasanya terjadi dibagian betis. dibagian betis tersebut terlihat tonjolan berbelok-belok berwarna biru yang disebut varises. varises terjadi lantaran sangat lama berdiri atau kerja yang beberapa memakai kaki.

7. sklerosis
sklerosis yakni pengerasan pembuluh nadi ( arteri ) lantaran terbentuknya kerak keras dibagian didalam dinding pembuluh nadi. apabila kerak tersebut dari senyawa lemak disebut ateroskerosis, namun apabila terbentuk dari senyawa kalsium disebut arterisoklerosis. disebabkan adanya kerak pada dinding pembuluh darah, dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah dan disebabkan berikut terjadi hipertensi ( tekanan darah tinggi ). sklerosis bisa disebabkan makanan yang tidak sehat, beberapa mengandung lemak.

8. penyakit jantung koroner

gb. 5 penyumbatan pembuluh darah oleh kolesterol

penyakit jantung koroner, terjadi lantaran adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh arteri koroner hingga menyumbatnya. penyakit ini dikarenakan makanan yang beberapa mengandung kolesterol

9. stroke
stroke, dikarenakan oleh pecahnya pembuluh darah di otak hingga saraf-saraf yang ada di otak tidak mendapat cukup oksigen. kondisi ini mengakibatkan kerja saraf terganggu.
stroke umumnya dimulai dengan penyakit hipertensi, dan atau penyakit jantungkoroner.

10. talasemia
pada penyakit ini, wujud sel darah merahnya tidak beraturan. perihal ini mengakibatkan daya ikat sel darah merah terhadap oksigen dan karbon dioksidanya berkurang.
Selengkapnya: sistem peredaran darah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar