Jumat, 21 September 2012

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)


islam kalimantan 

beberapa ulama awal yang berdakwah di sumatera serta jawa melahirkan kader-kader dakwah yang terus-terusan mengalir. islam masuk ke kalimantan atau yang lebih dikenal dengan borneo saat itu. di pulau ini, ajaran islam masuk dari dua pintu. 

jalur pertama yang membawa islam masuk ke tanah borneo yaitu jalur malaka yang dikenal untuk jadikan kerajaan islam sesudah perlak serta pasai. jatuhnya malaka ke tangan penjajah portugis semakin bikin dakwah makin menyebar. beberapa mubaligh-mubaligh serta komune islam umumnya menempati pesisir barat kalimantan. 

jalur lain yang dipakai menyebarkan dakwah islam yaitu beberapa mubaligh yang dikirim dari tanah jawa. ekspedisi dakwah ke kalimantan ini menjumpai puncaknya waktu kerajaan demak berdiri. demak kirim banyak mubaligh ke negeri ini. perjalanan dakwah juga yang selanjutnya melahirkan kerajaan islam banjar dengan ulama-ulamanya yang besar, di antaranya yaitu syekh muhammad arsyad al banjari. ( baca : empat sekawan ulama besar ) 

islam sulawesi 

beberapa ribu pulau yang ada di indonesia, sejak lama sudah menjalin jalinan dari pulau ke pulau. baik atas semangat ekonomi ataupun semangat politik serta keperluan kerajaan. jalinan ini juga yang mengantar dakwah menembus serta merambah celebes atau sulawesi. menurut catatan company dagang portugis yang datang pada th. 1540 waktu datang ke sulawesi, di tanah ini telah dapat didapati pemukiman muslim di lebih dari satu tempat. walau belum terlampau besar, tetapi jalur dakwah terus berlanjut sampai menyentuh raja-raja di kerajaan goa yang beribu negeri di makassar. 

raja goa pertama yang memeluk islam yaitu sultan alaidin al awwal serta perdana menteri atau wazir besarnya, karaeng matopa pada th. 1603. pada mulanya, dakwah islam sudah tiba juga pada ayahanda sultan alaidin yang bernama tonigallo dari sultan ternate yang lebih dulu memeluk islam. tetapi tonigallo cemas bila ia memeluk islam, ia jadi kerajaannya dapat dibawah dampak kerajaan ternate. 

lebih dari satu ulama kerajaan goa di waktu sultan alaidin demikian populer lantaran pemahaman serta kegiatan dakwah mereka. mereka yaitu khatib tunggal, datuk ri bandang, datuk patimang serta datuk ri tiro. bisa diketahui serta dilacak dari nama beberapa ulama diatas, yang bergelar datuk-datuk yaitu beberapa ulama serta mubaligh asal minangkabau yang menyebarkan islam ke makassar. 

pusat-pusat dakwah yang dibangun oleh kerajaan goa inilah yang meneruskan perjalanan ke lokasi lain sampai ke kerajaan bugis, wajo sopeng, sidenreng, tanette, luwu serta paloppo. 

islam maluku 

kepulauan maluku yang populer kaya dengan hasil bumi yang melimpah bikin lokasi ini sejak zaman antik dikenal serta dikunjungi beberapa pedagang seantero dunia. lantaran status itu juga islam lebih dulu singgah ke maluku sebelum saat datang ke makassar serta kepulauan-kepulauan yang lain. 

kerajaan ternate yaitu kerajaan terbesar di kepulauan ini. islam masuk ke lokasi ini sejak th. 1440. hingga, waktu portugis berkunjung ke ternate pada th. 1512, raja ternate yaitu seorang muslim, yaitu bayang ullah. kerajaan lain yang juga jadi representasi islam di kepulauan ini yaitu kerajaan tidore yang lokasi teritorialnya cukup luas meliputi sebagian lokasi halmahera, pesisir barat kepulauan papua serta sebagian kepulauan seram. 

ada juga kerajaan bacan. raja bacan pertama yang memeluk islam yaitu raja zainulabidin yang bersyahadat pada th. 1521. di th. yang sama berdiri juga kerajaan jailolo yang juga di pengaruhi oleh ajaran-ajaran islam didalam pemerintahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar