Jumat, 21 September 2012

Sejarah Perkembangan Internet Dunia


i. abstraksi 
sebagaimana diketahui internet pada waktu ini alami perubahan yang amat cepat, internet kelihatannya telah adalah perihal yang umum di masyarakat. kita seluruh tahu apa itu internet, dengan simpel internet yaitu dari jaringan ke jaringan serta area buat melacak info ataupun bertukar info dengan luas. pengoperasian jaringan internet bertumpu di atas fasilitas telekomunikasi. jalur lambatnya memakai modem atau saluran telephone, namun jalur cepatnya memakai isdn atau frame relay. 

ii. pendahuluan 

ii. 1 latar belakang 
pada peluang saat ini saya dapat mengulas tentang histori perubahan internet. internet atau biasa yang disebut interconnection networking yaitu himpunan computer yang saling terkait didalam wujud jaringan gunakan standar internet protocol suite( tcp/ip ). rangkaian jaringan yang terbesar diberi nama internet namun langkah yang menghubungkan rangkaian ini diberi nama internetworking. tiap-tiap computer yang terhubung dengan jaringan bisa berkomunikasi didalam wujud pertukaran data serta info. perihal ini bisa dikerjakan dengan segera. pengoperasian jaringan internet bertumpu atas fasilitas telekomunikasi. jalur lambatnya memakai modem serta saluran telephone, namun jaliur cepatnya memakai isdn atau frame relay. 

ii. 2 rumusan masalah 
dari latar belakang problem di atas, penulis bisa mengambil rumusan problem seperti berikut : 
1. bagaimana perubahan internet di indonesia ? 
2. apa itu tcp/ip ? 
3. apa saja sarana internet ? 

ii. 3 tujuan penulisan 

1. buat tahu perubahan internet di indonesia. 
2. buat tahu sarana apa saja yang ada di internet. 

iii. telaah pustaka 
peralatan yang dibutuhkan yaitu computer atau laptop serta koneksi internet memakai modem. 

iv. pembahasan 
awal mulanya internet adalah satu jaringan computer yang dibentuk oleh departemen pertahanan amerika di awal th. enam beberapa puluh, lewat proyek arpa ( advanced research project agency ) yang disebut dengan arpanet. proyek arpanet mempunyai tujuan buat merancang wujud jaringan, kehandalan, serta seberapa besar info bisa dipindahkan. arpanet dibentuk dengan spesial oleh empat kampus besar di amerika yakni : stanford research institute, university of california di santa barbara, university of california di los angeles, serta university of utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di th. 1969, serta dengan umum arpanet diperkenalkan pada bln. oktober 1972. namun pada awal th. delapan beberapa puluh, semua jaringan yang tercakup didalam proyek arpanet diubah jadi tcp/ip lantaran proyeknya sendiri telah dihentikan, serta jaringan arpanet inilah yang adalah koneksi utama ( backbone ) dari internet. proyek percobaan tersebut selanjutnya dilanjutkan serta dibiayai oleh nsf ( national science foundation ) satu instansi ilmu dan pengetahuan layaknya lipi di indonesia. nsf lantas merubah nama jaringan arpanet jadi nsfnet yang backbonenya mempunyai kecepatan tinggi serta dikaitkan ke komputer-komputer yang ada di kampus serta instansi penelitian yang tersebar di amerika. seterusnya, pemerintah amerika serikat berikan izin ke arah komersial pada awal th. 1990. 
layaknya sudah disinggung pada mulanya jaringan internet saat melakukan komunikasi gunakan standar protokol tcp/ip atau yang disebut tansmission contol protocol/ internet protocol. tcp/ip yaitu protokol yang mengendalikan serta mengatur terjadinya jalinan, komunikasi serta perpindahan data pada dua atau lebih titik computer. manfaat protokol tcp/ip ini kirim data ke computer paling dekat atau yang jauh ( antarnegara ) serta tiba kurun waktu yang cepat tanpa rusak atau hilang. waktu kita kirim teks ke mesin atau computer lain, tcp/ip mulai bekerja. tcp membagi teks tersebut jadi paket-paket data kecil, memberikan lebih dari satu info, hingga computer penerima menegaskan bahwa paket yang diterimanya tidak alami rusaknya selama pengiriman. waktu paket-paket tcp/ip tiba di computer tujuan, computer buka label alamat ip lantas memakai daftar pengiriman yang ada pada pakt tcp buat memeriksa adakah rusaknya paket yang terjadi sepanjang pengiriman, serta menyusun kembali paket-paket tersebut jadi susunan teks layaknya aslinya. 
sarana internet yang ada pada waktu ini amatlah berguna untuk kehidupan sehari-hari. internet mempunyai bagian-bagian layaknya : 
1. world wide web yaitu bagian yang sangat menarik dari internet lewat web kita bisa terhubung informasi-informasi bukan sekedar berbentuk teks namun juga gambar-gambar, nada, serta film. 
2. electronic mail yaitu surat elektronik yang diantar dari internet dengan sarana ini kita dapat mengirim atau terima e-mail dari serta ke pengguna internet di semua dunia. 
3. telnet dipakai computer buat terkait dengan computer orang lain serta juga melacak info yang ada pada computer tersebut. 
4. ftp dipakai buat mengirim data atau file dari computer satu ke computer yang lain. 
5. irc yaitu komunitas di mana pemakai bisa saling berdiskusi dengan pemakai lain. 
6. newsgroup yakni area pembicaraan untuk beberapa bagian yang memiliki keperluan yang sama. 
7. video serta audio dipakai buat mendapatkan nada serta gambar yang ada didalam internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar